Tuesday, June 8, 2010

Jika Tidak Dapat membezakan Antara Darah Haidh Dan Yang Lainnya.

Saya panjatkan pujian dan syukur kehadrat Allah Subhanahu Wata`ala, dan selawat dan salam kepada Nabi Muhammad Sallallahu `alaihi Wasallam serta seluruh keluarga dan sahabat baginda.  

Amma ba`du.
***
Dan dari Hamnah binti Jahsyin berkata : Adalah aku itu menderita istihadhah dengan haidh yang banyak lagi keras, maka datang aku kepada Nabi Sallallahu`alaihi Wasallam memohon fatwa kepada baginda, maka bersabda baginda:  

``Sungguh  ia itu hanya suatu goncangan daripada syaitan, maka menghitung haidh lah kamu akan enam (6) hari atau tujuh (7) hari kemudian mandilah kamu; manakala telah bersih kamu maka sembahyanglah kamu dua puluh empat (24) hari atau dua puluh tiga (23) hari, dan puasalah kamu, dan sembahyanglah kamu maka sungguh yang demikian itu mencukupimu. Dan demikian pula maka berbuatlah kamu untuk bulan-bulan berikutnya sebagaimana haidh orang-orang perempuan maka kalau kuat kamu atas hendak mengakhirkan kamu, akan Zuhur dan mencepatkan kamu akan `Asar kemudian mandi kamu ketika suci kamu, dan sembahyang kamu akan Zuhur dan `Asar dengan jama` kemudian mengakhirkan kamu akan magrib dan mempercepatkan kamu akan `isya` kemudian mandi kamu dan jama` kamu antara dua (2) sembahyang, maka berbuat kamu dan mandi kamu beserta subuh dan sembahyang kamu. Bersabda Nabi Sallallahu `alaihi Wasallam: Yang tersebut itu tadi yang lebih disenangi diantara  dua perkara kepadaku.``

Menceritakan hadis ini Imam Lima  kecuali Nasae dan menshahih akan  dia Imam Tirmidzi dan menganggap, Hasan  hadis ini Imam Bukhari .                                                                                                                                                                 
***

Perempuan yang menderita istihadhah itu ada kalanya mumayyizah (dapat membedakan antara sifat-sifat darah haidh dan darah yang lainnya) dan ada kalanya tidak mumaiyyizah.
Jika perempuan itumubtadi`ah (baru kali itu mengeluarkan darah) dan tidak mumaiyyizah, sedang darah terus keluar sampai lewat lima belas  (15) hari di mana darah itu bersifat satu, sehingga penderita tidak dapat membedakan mana yang darah haidh, mana yang bukan, maka penderita itu harus mengikuti adat kebiasaan orang-orang perempuan di kampung. 

Jika orang-orang perempuan di kampung adat kebiasaannya haidh enam (6) atau tujuh (7) hari, maka penderita harus berbuat sebagai berikut :

  • Dari 1 haribulan sampai 6 haribulan atau 7 haribulan - penderita harus menganggapnya hari-hari itu sebagai hari haidh .
  • Saterusnya dari tujuh (7)  atau lapan (8) haribulan hingga akhir bulan (24 atau 23 hari) harus dianggap sebagai  hari-hari istihadhah.
  • Demikian saterusnya untuk bulan-bulan berikutnya.
  • Pada hari-hari haidh, penderita tidak boleh sembahyang, puasa dan lain-lain.
  • Sedangkan pada hari istihadhah, penderita harus sembahyang dan wudhu untuk tiap-tiap kali sembahyang, dengan aturan-aturan yang tersebut pada hadis * Fatimah  binti Abi Hubaisy dan hadis ** Asma` binti Umais.
 Lebih utama jika dibuat saperti berikut :
  • Mandi tiga kali:
    • Sekali untuk sembahyang Subuh
    • sekali untuk suhur dan `Asar
    • sekali lagi untuk sembahyang Magrib dan Isya` .

    Zuhur di jama` dengan `Asar, Magrib dijama` dengan Isya`. Bukan jama` ta`khir, tetapi jama` shuri. maknanya: Ia kelihatan saperti jama` tetapi hakikatnya bukan jama`. Iaitu Zuhur dilaksanakan pada akhir waktunya dan `Asar dilaksanakan pada awal waktunya. Magrib dilakukan pada akhir waktunya dan Isya` dikerjakan diawal waktunya.

    Wallahu A`lam.

    No comments:

    Post a Comment